Menulis itu menyenangkan - 29 August 2010 - RaChmAt WahYuNiaWan
Monday, 12.05.2016, 1:29 PMMain | Registration | Login

Site menu

I lOvE ALLAH SWT

PenUNjUk WaKTu

Search

Login form

Radio

Widget By: Forantum

PenGUnjuNG

KAlenDEr

«  August 2010  »
SuMoTuWeThFrSa
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031

Google Translate

Google Translate
Arabic Korean Japanese
Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German
Spain Italian Dutch

Our poll

Rate my site
Total of answers: 13

StATIstik


Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Main » 2010 » August » 29 » Menulis itu menyenangkan
4:25 AM
Menulis itu menyenangkan

Membaca terkadang merupakan pekerjaaan yang membosankan, terlebih bila membaca buku dengan ketebalan di atas 100 halaman. Tapi, apakah menulis itu lebih membosankan dari pada membaca. Lalu, apakah ada aturan yang jelas dalam menulis. Apa yang harus kita perhatikan dalam menulis. Mungkin tanpa sadar kita lupa, bahwa pengetahuan tidak berguna jika kita tidak mencatatnya. Ilmu akan menyediakan jawaban untuk di tulis di buku, meski akhirnya hanya akan menjadi sebuah teori saja, atau sekedar hipotesa yang lebih pada unsur subyektifitas si penulis.

 

Menulis bisa sangat menyenangkan, gunakan imajinasi atau pengalaman nyata. Yang pasti, kekuatan dalam menulis terletak pada klimaks inti permasalahan yang ingin di sajikan. Untuk menuangkan ide di pikiran Anda ke dalam bentuk tulisan, sesederhana apapun ide itu, sudah menjadi modal awal dalam menuju penulisan yang lebih baik lagi. Oleh karena itu, saat ada kemauan menulis muncul di hati, silahkan ambil kertas dan pinsil atau pena, atau bagi yang punya komputer silahkan dengan komputer, dan mulailah menulis. Tulis apapun yang ada di pikiran, jangan hiraukan dengan tata bahasa, isi tulisan, ataupun gaya penulisan. Bentuk tulisan apa adanya, baru kemudian lakukan pengkoreksian.

 

Keraguan lain yang sering muncul adalah bahwa kita sering bertanya apakah ide itu layak untuk ditulis atau tidak. Hakekatnya, semua hal bisa ditulis dalam bentuk yang beraneka ragam. Cerita pendek, cerita humor, berita, dan bahkan dalam bentuk puisi sekalipun. Menceritakan kegiatan rutin belajar mengajar di kelas, tentu tidak menarik. Tetapi jika hari itu kegiatan belajarnya berbeda dari hari-hari lainnya, semisal dilakukan dengan praktek lapangan, dengan mengadakan identifikasi maupun analisis kerja, maka ia bisa sangat ternilai menjadi sebuah karaya tulisan yang bagus.

 

Sebuah berita juga menjadi hal yang sangat menarik untuk menjadi tulisan yang sangat penting pula. Namun perlu di perhatikan, bahwa menulis berita tidak semudah yang di bayangkan. Perlu ada batasan-batasan yang harus di perhatikan. Menulis berita harus lah seimbang, obyektif, dan harus seratus persen tingkat kebenarannya. Suatu contoh yang bisa menjadi bahan belajar dalam menulis sebuah berita yaitu dengan membanting sebuah batu bata di pinggir sebuah perempatan jalan raya, kemudian mulailah identifikasi keadaan batu bata tadi dengan kondisi di sekeliling tempat itu. Lalu mulailah menulis sebuah berita tentang kejadian tersebut dan haruslah tetap berpegang pada kaidah-kaidah penulisan berita.

 

Kualitas tulisan akan berangsur meningkat ketika Anda selalu dan selalu tanpa henti menulis ide yang ada di pikiran Anda. Banyak membaca buku dan tulisan orang lain akan sangat membantu meningkatkan daya imajinasi penulisan berikutnya. Perlu juga dilakukan analisa dan kritik sendiri tulisan Anda, benahi disisi-sisi yang terasa masih bisa ditambahkan informasinya. Meskipun si penulis blog inipun juga masih tetap berusaha belajar dan selalu mengadakan perbaikan. Jadi, Selamat Menulis.

Views: 398 | Added by: somat | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Name *:
Email *:
Code *:
Copyright MyCorp © 2016 | Make a free website with uCoz