Mahasiswa FIS - Serba Serbi - File Catalog - RaChmAt WahYuNiaWan
Monday, 12.05.2016, 1:28 PMMain | Registration | Login

Site menu

I lOvE ALLAH SWT

PenUNjUk WaKTu

Search

Login form

Radio

Widget By: Forantum

PenGUnjuNG

Google Translate

Google Translate
Arabic Korean Japanese
Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German
Spain Italian Dutch

Our poll

Rate my site
Total of answers: 13

StATIstik


Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
File Catalog
Main » Files » Serba Serbi

Mahasiswa FIS
03.14.2011, 11:40 AM

Menjadi mahasiswa adalah suatu bentuk upaya perjuangan untuk terus meniti pendidikan yang lebih banyak lagi. Banyak pilihan untuk masuk ke dalam sebuah perguruan tinggi negeri, ada jalur PMDK, jalur bidik misi, dan jalur snmptn. Menjadi mahasiswa social pun menjadi salah satu pilihan, meski banyak siswa yang lebih cenderung ingin masuk ke jurusan kuliah science. Apakah benar kuliah itu berbeda dengan pelajaran di sekolah.

      Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa maka mata ajaran dalam kurikulum secara umum dikelompokkan ke dalam:

 1. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), yakni kelompok bahan kajian dan pelajaran untuk pengembangan manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, berkepribadian mantap, dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

 2. Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK), yakni kelompok bahan kajian pelajaran yang ditujukan terutama untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan ketrampilan tertentu.

 3. Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), yakni kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berdasarkan ilmu dan ketrampilan yang dikuasai.

 4. Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB), yakni kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan untuk membentuk sikap dan prilaku yang diperlukan seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan dasar ilmudan ketrampilan yang dikuasai.

 5. Mata Kuliah Kehidupan Bermasyarakat (MBB), adalah kelompok kajian dan pelajaran yang diperlukan untuk memahami tentang kaidah  kehidupan bermasyarakat sesuai dengan  pilihan keahlian dalam berkarya.

     Di samping pembagian tersebut, untuk masing-masing kelompok mata kuliah dibedakan menjadi mata kuliah wajib, pilihan terbatas dan pilihan bebas. Secara umum metode pengajaran terdiri atas ceramah, diskusi, seminar, penulisan risalah atau makalah, resensi buku, penulisan jurnal mingguan, pembacaan pustaka dan karya ilmiah terkait. Selain metode pengajaran di kelas, studi juga menerapkan metode pengajaran di luar kelas, pengamatan langsung dan praktek lapangan, contohnya praktek penelusuran informasi ilmiah di perpustakaan dan internet.

     Kuliah-kuliah yang diselenggarakan dalam temu tatap muka secara formal dan terjadwal di kelas-kelas dimaksudkan untuk membekali mahasiswa berbagai informasi keilmuan kontemporer lewat ceramah-ceramah para dosen, diskusi interaktif, dan pembelajaran mandiri (self learning). Maksud serupa diupayakan juga melalui pemberian bacaan-bacaan tambahan. Berbagai alat peraga mulai dari slide hingga naskah dimungkinkan guna memudahkan para mahasiswa memahami materi yang disajikan. Diskusi dan kesempatan tanya jawab selalu diupayakan hidup dalam setiap pertemuan. Demi kepentingan ini kelas akan dibagi dalam sub-sub kelompok tugas atau kelompok diskusi.

     Demi meningkatkan pemahaman, tiap-tiap mahasiswa didorong untuk membiasakan diri membaca buku-buku dan karya ilmiah rujukan terkait. Sejalan dengan upaya-upaya membaca, para mahasiswa pun diwajibkan berlatih mengkomunikasikan gagasan-gagasannya secara lisan maupun tertulis melalui forum-forum diskusi berbasis makalah hasil karya mereka. Untuk membiasakan mahasiswa mengkomunikasikan gagasan secara tertulis, beberapa mata kuliah selain mensyaratkan makalah dan review juga menambahkan jurnal mingguan sebagai bagian dari syarat kelulusan.  

     Aneka metode pengajaran di atas nantinya diharapkan bermuara pada peningkatan kemampuan mahasiswa untuk memahami dan merumuskan secara kritis, logis, sistematis dan analitis pengetahuan maupun pemikiran mereka miliki baik secara lisan maupun tulisan

 Ingin tau lebih banyak tentang pilihanmu, berikut link site beberapa PT yg tak rekomendasikan :

http://www.fisip.unair.ac.id/

http://fisip.ub.ac.id/webfisub/index.php?lang=in

http://www.fisip.ui.ac.id/

http://www.fisip.undip.ac.id

 


Category: Serba Serbi | Added by: somat
Views: 96 | Downloads: 0 | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Name *:
Email *:
Code *:
Copyright MyCorp © 2016 | Make a free website with uCoz