jakarta tenggelam - Serba Serbi - File Catalog - RaChmAt WahYuNiaWan
Monday, 12.05.2016, 1:27 PMMain | Registration | Login

Site menu

I lOvE ALLAH SWT

PenUNjUk WaKTu

Search

Login form

Radio

Widget By: Forantum

PenGUnjuNG

Google Translate

Google Translate
Arabic Korean Japanese
Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German
Spain Italian Dutch

Our poll

Rate my site
Total of answers: 13

StATIstik


Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
File Catalog
Main » Files » Serba Serbi

jakarta tenggelam
10.15.2010, 2:38 PM

IBUKOTAKU AKANKAH TENGGELAM

 

Amblesnya jalan RE Martadinata, Jakarta Utara, arah ancol menuju Tanjung Priok sepanjang 103 meter menjadi hal yang sangat mencengangkan. Beberapa ahli mengatakan setidaknya wilayah Jakarta permukaan tanahnya turun, hal ini sebagai akibat dari kurangnya daerah resapan air dan tingginya penggunaan air tanah.  Berlebihnya konsumsi itu mengakibatkan banyaknya rongga dalam tanah yang tidak terisi oleh air, sehingga kepadatan tanah menjadi berbeda seperti awalnya. Hal ini mengakibatkan mudahnya tanah ambles atau retak yang bisa berbahaya.

 

Pada tahun 2050 empat kecamatan di Jakarta Utara diprediksikan akan tenggelam. Hal ini dapat terjadi apabila pemerintah tidak mengantisipasi pembangunan di Ibukota. Guru Besar Oseanografi Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof Safwan Hadi mengatakan, setiap tahunnya tanah di DKI Jakarta turun hingga 12 sentimeter akibat pengambilan air tanah dan beban bangunan. Empat wilayah yang akan tenggelam pada tahun 2050, adalah Kecamatan Penjaringan, Pademangan, Tajung Priok, dan Cilincing. Bisa tenggelam hingga mencapai ketinggian setengah meter.. "Pemanasan global saja belum, apalagi badai dan pasang surut," ujarnya lagi. Menurut Safwan, dari penelitiaan ISOI, diperoleh sebuah hasil yang menyatakan pada tahun 2100, seluruh wilayah di Ibukota akan terendam air laut hingga ketinggian sampai 50 sentimeter.

 

Direktur Eksekutif WALHI Jakarta Selamet Daroyni mengatakan, 90 persen dari luas Jakarta diperkirakan akan terendam banjir pada tahun 2050. Jadi jawabannya benar-benar keberanian Pemprov DKI untuk merestorasi kawasan ekologi publik, dan memang menjamin hak masyarakat untuk memberikan hak jawab dan tanya masyarakat dalam perencanaan kota," tegasnya.

 

Lalu apakah hanya itu saja penyebabnya ????

Kondisi geografis Jakarta sangat kurang menguntungkan mengenai masalah banjir ini. Banjir bisa terjadi jika daerah sekitar yang lebih tinggi dari Jakarta terjadi hujan dengan intensitas yang cukup besar misalnya daerah bogor. Kemudian bisa terjadi pula banjir akibat pasang air laut tinggi (banjir Rob). Banjir yang terjadi di dalam wilayah DKI Jakarta sendiri, disebabkan oleh buruknya sistem drainase dan tingginya intensitas curah hujan. Kapasitas drainase yang terdapat di daerah ibu kota kurang dapat menampung intensitas curah hujan yang tinggi yang turun biasanya dalam durasi atau jangka waktu yang pendek.

 

Akibat ketidaktegasan pemerintah dalam hal pembatasan pembangunan dan pengambilan air tanah di beberapa daerah di Ibukota yang dekat dengan laut membuat kota ini tenggelam, situasi yang terlihat jelas dari banjir Jakarta adalah alih fungsi kawasan tangkapan atau resapan air, pemberian IMB tanpa mempertimbangkan keseimbangan ekologis, serta buruknya sistem drainase dan sungai. Selain itu, faktor alam berupa curah hujan yang cukup tinggi dalam 25 tahun terakhir, kerusakan lingkungan, dan juga banjir kiriman turut menjadi penyebabnya. Curah hujan di Jakarta mencapai dua miliar meter kubik per tahun. Namun, yang terserap hanya 26,6 persen atau 532 juta meter kubik, sementara sisanya 73,4 persen atau 1.468 juta meter kubik menggelontor ke laut. Secara detail dari semua faktor banjir Jakarta alih fungsi adalah yang paling dominan. Dari luas lahan di Jakarta sebesar 661,52 kilometer persegi hanya 9,6 persen ruang terbuka hijau.

 

Akankah Jakarta akan tenggelam, bagaimana cara yang tepat agar prediksi tim ahli ini tidak akan pernah terjadi. Apakah perlu wacana pemindahan Ibukota Negara haruslah segera di realisasikan. Lalu menurut anda apa yang harus kita lakukan agar ibukota Negara kita tidak hilang di telan luapan air??????

Category: Serba Serbi | Added by: somat
Views: 116 | Downloads: 0 | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Name *:
Email *:
Code *:
Copyright MyCorp © 2016 | Make a free website with uCoz